Kompetensi Pedagogi adalah kemampuan pemahaman terhadap peserta didik,
perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan
pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi
yang dimilikinya. Bagi Bapak , Ibu Guru yang ingin mengukur pemahamannya
terhadap kompetensi pedagogi dapat mencoba menjawab soal-soal latihan
dibawah ini :
Soal kompetensi pedagogi
Pilihlah
huruf a, b, c, dan e di depan jawaban yang paling benar!
1.
Dalam melaksanakan pembelajaran, guru menggunakan
teknologi dan informasi. Kegiatan ini termasuk pengejawantahan dari kompetensi
. . .
a.
Pedagogi
b.
Kepribadian
d. Professional
2.
Sertifikasi
guru bertujuan untuk memperbaiki kualitas dan kesejahteraan guru, pada kualitas
guru dititik beratkan pada proses pembelajaran, di bawah ini adalah faktor -
faktor yang mempengaruhi peningkatan PBM, kecuali :
a.
Kualifikasi pendidikan S1 yang relevan
b.
Tutorial melalui peer teaching dalam KKG
c.
Pembelajaran dengan pendekatan PAIKEM.
d.
Sarana prasarana yang megah yang membebankan orang
tua/wali murid.
3.
Di
bawah ini tujuan dari pembelajaran berbasis masalah kecuali...
a.
Meningkatkan kemampuan intelektual
b.
Memahami peran orang dewasa
c.
Meningkatkan kemampuan berfikir holistis
d.
Membantu siswa untuk menjadi pelajar yang mandiri
4.
Batik
Jogjakarta dapat digunakan sebagai tema pembelajaran IPS.Tema tersebut dapat
dikaji dari faktor, geografi, historis, geografi dan ekonomi. Tema tersebut
adalah contoh pembelajaran terpadu yang mengambil tema berdasarkan :
a.
Topic
b.
Pokok bahasan
c.
Potensi utama
d.
Sejarah
5.
Cooperatif
learning merupakan pendekatan pembelajaran yang memfokuskan pada . . .
a.
Real word Iearning
b.
Belajar dalam kelompok kecil.
c.
Diskusi kelas.
d.
Belajar mandiri
6.
Ciri
kelas yang mengguanak model pembelajaran CTL, adalah sebagai berikut, kecuali .
. .
a.
Sharing dengan teman
b.
Guru kreatif.
c.
Pengalaman nyata.
d.
Menggunakan satu sumber
7.
Dalam pendekatan kontektual tugas guru adalah .. .
a.
Mengarahkan
b.
Mengintruksikan
c.
Memberi tugas
d.
Mendominasi
8.
Di bawah mi adalah elemen pembelajaran cooperative,
kecuali. ..
a.
Interaksi tatap muka
b.
Home Time
c.
Akuntabel individual
d.
Cooperative learning
9.
Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya dan
tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post tes di sebut .
. .
a.
Konstruktivisme
b.
Authentic asesmen
c.
Efektif
d.
Kondosif
10. Prioritas
utama yang harus dilakukan pada penyusunan rencana pembelajaran terpadu adalah
...
a.
Pemetaan kompetensi dasar
b.
Penentuan topik
c.
Penjabaran kompetensi dasar
d.
Pengembangan silabus
11. Pembentukan
kelompok belajar dalam pembelajaran kooperatif harus bersifat . . .
a.
Homogen
b.
Tetap
c.
Heterogen
d.
tertutup
12. Realita
adalah . . .
a.
Imitasi
b.
Benda tiruan
c.
Benda sebenarnya
d.
Benda khayalan
13. Pernyataan
di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau
dori aspek fisik, kecuali ....
a.
menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat
badan
b.
memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
c.
penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
d.
memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
14. Kegemaran
anak akan dongeng/cerita yang bernilai kritis kisah perjalanan pahlawan
merupakan ciri anak usia . . . tahun.
a.
15-16
b.
10-12
c.
6-8
d.
3-5
15. Kreativitas
merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang
artinya kemampuan untuk ....
a.
memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari
yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan
orang lain
b.
penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat
diterima oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk
mengambil keputusan
c.
berpikir tentang sesuatu dengan sesuatu cara yang baru
dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai
persoalan
d.
mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka
penyelesaian masalah- masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang
maupun masa yang akan datang
16. Bahasa
yang digunakan dalam program audio adalah....
a.
Sesuai tata bahasa,
b.
Bahasa sehari-hari,
c.
Bahasa ilmiah,
d.
Bahasa latin,
17. Untuk
anak kecil media audio dapat membentuk pengalaman belajar bahasa pemulaan
karena....
a.
Anak kecil belum banyak mempunyai perbendaharaan
bahasa.
b.
Anak kecil masih suka meniru, maka mempermudah belajar.
c.
Mendengarkan lebih mudah daripada membaca.
d.
Anak belum dapat belajar secara formal.
18. Sebagian
besar pembelajaran di sekolah diberikan melalui....
a. Penglihatan,
b.
Persentase,
c.
Pendengaran,
d.
Latihan,
19. Faktor
dalam kegiatan diskusi adalah....
a.
Pertukaran ide/ gagasan
b.
Penyampaian informasi
c.
Pembicaraan yang akrab
d.
Suatu artikel
20. Pembelajaran kuantum memberikan tekanan pada
pentingnya hal-hal berikut kecuali...
a.
Interaksi
b.
Frekuensi
c.
Kebenaran
d.
kualifikasi
21. Pernyataan
di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI
ditinjau dari aspek sosial adalah ....
a.
mulai menyukai teman sebaya sesama jenis,
b.
berperan serta dalam permainan logika,
c.
menyukai teman sebaya lawan jenis,
d.
dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama.
22. pesawat
proyektor yang dapat menggantikan papan tulis adalah . . .
a.
opaque proyektor,
b.
slide proyektor,
c.
film strip proyektor,
d.
Over head proyektor.
23. Pola
perencanaan - pelaksanaan observasi - refleksi secara bertahap dan terus
menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal. . .
a.
Pengumpulan data,
b.
Menganalisis masalah
c.
Mencapai tujuan,
d.
Menentukan ruang lingkup.
24. Peran
guru dalam PTK adalah sebagai . . .
a.
Guru
b.
Peneliti
c.
Guru dan peneliti
d.
Obyek penelitian
25. Hal
- hal yang harus dilakukan peneliti PTK adalah sebagai berikut, kecuali . .
a.
Membuat refleksi
b.
Menentukan menggeneralisasikan
c.
Merumuskan indikator kerja
d.
Menentukan
26. Tujuan
PTK adalah . . .
a.
Perbaikan KBM
b.
Menyusun teori baru
c.
Memperbaiki teori
d.
Menyusun generalisasi
27. Merenungkan
kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk
tindak lanjut PTK merupakan . . .
a.
Analisis
b.
Refleksi
c.
Observasi
d.
Diskusi
28. Latar
belakang , tujuan penelitian-, manfaat penelitian harus menjadi bagian dari PTK
khususnya pada bagian . . .
a.
Kesimpulan
b.
Prosedur penelitian
c.
Pendahuluan
d.
Metodologi penelitian
29. Persiapan
awal dalam PTK adalah . ..
a.
Menyiapkan cara wawancara
b.
Membuat analisis kelayakan hipotesis
c.
Membuat rencana pembelajaran dan skenarionya
d.
Menyiapkan fasilitas dan sarana
30. Proposal
penelitian dalam PTK adalah . . .
a.
Usulan untuk mendapatkan dana penelitian
b.
Uraian tentang komponen - komponen yang harus dilakukan
guru
c.
Usulan proyek penelitian pendidikan
d.
Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK
Comments