Skip to main content

Soal Kompetensi Pedagogi

Kompetensi Pedagogi adalah kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Bagi Bapak , Ibu Guru yang ingin mengukur pemahamannya terhadap kompetensi pedagogi dapat mencoba menjawab soal-soal latihan dibawah ini :




Soal kompetensi pedagogi
Pilihlah huruf a, b, c, dan e di depan jawaban yang paling benar!
1.    Dalam melaksanakan pembelajaran, guru menggunakan teknologi dan informasi. Kegiatan ini termasuk pengejawantahan dari kompetensi . . .
a.    Pedagogi
b.    Kepribadian
c.    Social
d.    Professional
2.                Sertifikasi guru bertujuan untuk memperbaiki kualitas dan kesejahteraan guru, pada kualitas guru dititik beratkan pada proses pembelajaran, di bawah ini adalah faktor - faktor yang mempengaruhi peningkatan PBM, kecuali :
a.    Kualifikasi pendidikan S1 yang relevan
b.    Tutorial melalui peer teaching dalam KKG
c.    Pembelajaran dengan pendekatan PAIKEM.
d.    Sarana prasarana yang megah yang membebankan orang tua/wali murid.
3.                Di bawah ini tujuan dari pembelajaran berbasis masalah kecuali...
a.    Meningkatkan kemampuan intelektual
b.    Memahami peran orang dewasa
c.    Meningkatkan kemampuan berfikir holistis
d.    Membantu siswa untuk menjadi pelajar yang mandiri
4.                Batik Jogjakarta dapat digunakan sebagai tema pembelajaran IPS.Tema tersebut dapat dikaji dari faktor, geografi, historis, geografi dan ekonomi. Tema tersebut adalah contoh pembelajaran terpadu yang mengambil tema berdasarkan :
a.    Topic
b.    Pokok bahasan
c.    Potensi utama
d.    Sejarah
5.                Cooperatif learning merupakan pendekatan pembelajaran yang memfokuskan pada . . .
a.    Real word Iearning
b.    Belajar dalam kelompok kecil.
c.    Diskusi kelas.
d.    Belajar mandiri
6.                Ciri kelas yang mengguanak model pembelajaran CTL, adalah sebagai berikut, kecuali . . .
a.    Sharing dengan teman
b.    Guru kreatif.
c.    Pengalaman nyata.
d.    Menggunakan satu sumber
7.    Dalam pendekatan kontektual tugas guru adalah .. .
a.    Mengarahkan
b.    Mengintruksikan
c.    Memberi tugas
d.    Mendominasi
8.    Di bawah mi adalah elemen pembelajaran cooperative, kecuali. ..
a.    Interaksi tatap muka
b.    Home Time
c.    Akuntabel individual
d.    Cooperative learning
9.    Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post tes di sebut . . .
a.    Konstruktivisme
b.    Authentic asesmen
c.    Efektif
d.    Kondosif
10. Prioritas utama yang harus dilakukan pada penyusunan rencana pembelajaran terpadu adalah ...
a.    Pemetaan kompetensi dasar
b.    Penentuan topik
c.    Penjabaran kompetensi dasar
d.    Pengembangan silabus
11. Pembentukan kelompok belajar dalam pembelajaran kooperatif harus bersifat . . .
a.    Homogen
b.    Tetap
c.    Heterogen
d.    tertutup
12. Realita adalah . . .
a.    Imitasi
b.    Benda tiruan
c.    Benda sebenarnya
d.    Benda khayalan
13. Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dori aspek fisik, kecuali ....
a.    menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
b.    memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
c.    penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
d.    memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
14. Kegemaran anak akan dongeng/cerita yang bernilai kritis kisah perjalanan pahlawan merupakan ciri anak usia . . . tahun.
a.    15-16
b.    10-12
c.    6-8
d.    3-5
15. Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan untuk ....
a.    memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain
b.    penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan
c.    berpikir tentang sesuatu dengan sesuatu cara yang baru dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan
d.    mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian masalah- masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang
16. Bahasa yang digunakan dalam program audio adalah....
a.    Sesuai tata bahasa,
b.    Bahasa sehari-hari,
c.    Bahasa ilmiah,
d.    Bahasa latin,
17. Untuk anak kecil media audio dapat membentuk pengalaman belajar bahasa pemulaan karena....
a.    Anak kecil belum banyak mempunyai perbendaharaan bahasa.
b.    Anak kecil masih suka meniru, maka mempermudah belajar.
c.    Mendengarkan lebih mudah daripada membaca.
d.    Anak belum dapat belajar secara formal.
18. Sebagian besar pembelajaran di sekolah diberikan melalui....
a.    Penglihatan,
b.    Persentase,
c.    Pendengaran,
d.    Latihan,
19. Faktor dalam kegiatan diskusi adalah....
a.    Pertukaran ide/ gagasan
b.    Penyampaian informasi
c.    Pembicaraan yang akrab
d.    Suatu artikel
20.  Pembelajaran kuantum memberikan tekanan pada pentingnya hal-hal berikut kecuali...
a.    Interaksi
b.    Frekuensi
c.    Kebenaran
d.    kualifikasi
21. Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah ....
a.    mulai menyukai teman sebaya sesama jenis,
b.    berperan serta dalam permainan logika,
c.    menyukai teman sebaya lawan jenis,
d.    dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama.
22. pesawat proyektor yang dapat menggantikan papan tulis adalah . . .
a.    opaque proyektor,
b.    slide proyektor,
c.    film strip proyektor,
d.    Over head proyektor.
23. Pola perencanaan - pelaksanaan observasi - refleksi secara bertahap dan terus menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal. . .
a.    Pengumpulan data,
b.    Menganalisis masalah
c.    Mencapai tujuan,
d.    Menentukan ruang lingkup.
24. Peran guru dalam PTK adalah sebagai . . .
a.    Guru
b.    Peneliti
c.    Guru dan peneliti
d.    Obyek penelitian
25. Hal - hal yang harus dilakukan peneliti PTK adalah sebagai berikut, kecuali . .
a.    Membuat refleksi
b.    Menentukan menggeneralisasikan
c.    Merumuskan indikator kerja
d.    Menentukan
26. Tujuan PTK adalah . . .
a.    Perbaikan KBM
b.    Menyusun teori baru
c.    Memperbaiki teori
d.    Menyusun generalisasi
27. Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan . . .
a.    Analisis
b.    Refleksi
c.    Observasi
d.    Diskusi
28. Latar belakang , tujuan penelitian-, manfaat penelitian harus menjadi bagian dari PTK khususnya pada bagian . . .
a.    Kesimpulan
b.    Prosedur penelitian
c.    Pendahuluan
d.    Metodologi penelitian
29. Persiapan awal dalam PTK adalah . ..
a.    Menyiapkan cara wawancara
b.    Membuat analisis kelayakan hipotesis
c.    Membuat rencana pembelajaran dan skenarionya
d.    Menyiapkan fasilitas dan sarana
30. Proposal penelitian dalam PTK adalah . . .
a.    Usulan untuk mendapatkan dana penelitian
b.    Uraian tentang komponen - komponen yang harus dilakukan guru
c.    Usulan proyek penelitian pendidikan
d.    Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK
 

Comments

Popular posts from this blog

Makanan Dan Minuman Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Yang Sudah Dijelaskan Dalam Al Quran 14 Abad Yang Lalu.

Dalam Al-Qur'an disebutkan beberapa makanan dan minuman yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita , antara lain adalah : Kurma: Buah kurma disebutkan dalam beberapa ayat Al-Qur'an, seperti dalam Surah Maryam (19:25) ketika Maryam diperintahkan untuk menggoyangkan pohon kurma untuk mendapatkan buahnya. Kandungan gizi: Karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium. Manfaat: Sumber energi yang baik, menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, memperkuat tulang dan gigi Photo: Thinkstock  Zaitun: Buah zaitun juga disebutkan dalam beberapa ayat Al-Qur'an, seperti dalam Surah At-Tin (95:1) yang menyebutkan Allah bersumpah demi buah zaitun dan pohon tin. Kandungan gizi: Lemak sehat (terutama asam lemak tak jenuh tunggal), vitamin E, vitamin K, antioksidan. Manfaat: Menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, mendukung fu...

Pedoman Sebelum Membeli AC

Waktu mau membeli AC kita sering menanyakan berapa besar daya AC tersebut atau berapa daya lisrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan AC tersebut, atau berap a ukuran AC yang harus digunakan untuk kamar/ruangan tertentu di rumah atau di kantor. Satuan daya pendinginan AC atau yg disebut BTU adalah hal yang paling penting untuk mengukur daya sebelum memilih AC, Nilai/Daya yang tepat sangat penting untuk memastikan bahwa Air Conditioner bekerja pada efisiensi tertinggi. Konversi BTU/H dan PK Dalam menghitung kapasitas AC kita harus tahu dulu satuan daya pendinginan AC yang di sebut BTU/hours BTU per jam) atau disingkat BTU/hr. BTU/h singkatan dari British thermal unit per hour, satuan daya pendinginan AC yang berasal dari inggris. Sedang PK (Paard Krcht) atau HP (horse power) yang berarti satuan tenaga kuda, yang dipergunakan dalam sistem AC merujuk pada daya kompressor AC, bukan menunjukan kapasitas pendinginan AC. Untuk daya pendinginan AC satuannya adalah BTU/h. Jadi untuk me...

MENGETIKAN SYMBOL DENGAN TOMBOL KOMBINASI DI WORD 2016

Beberapa tombol kombinasi   dapat digunakan untuk mengetikan karakter khusus (simbol) ke dalam dokumen Word 2016. Penggunaaan tombol kombinasi ini dapat mempercepat kita dalam mengetik. Beberapa simbol yang sering kita gunakan dapat   kita gunakan seperti tabel dibawah ini